INTERNALISASI KARAKTER ISLAMI BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1787Keywords:
Internalisasi, karakter Islami, profil pelajar Pancasila.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai profil pelajar Pancasila dalam membentuk karakter Islami peserta didik, hasil internalisasi nilai profil pelajar Pancasila dalam membentuk karakter Islami peserta didik, serta faktor pendukung dan faktor penghambat internalisasi nilai profil pelajar Pancasila dalam membentuk karakter Islami peserta didik di SMPN1 Ponorogo. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan penyajian data dengan menggunakan metode deskriptif berupa teks naratif yang diperoleh dari subjek yang diamati, yaitu warga sekolah, meliputi: Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Penggerak, dan Peserta didik kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ponorogo.
Adapun hasil penelitian di SMPN 1 Ponorogo diantaranya sebagai berikut: 1) Proses internalisasi nilai profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter Islami pada peserta didik yang dilakukan melalui tahap transformasi atau penyaluran nilai-nilai berupa akhlak terpuji, dengan pemberian arahan dan nasehat tentang mana nilai yang baik dan buruk; tahap transaksi nilai, dengan melakukan komunikasi dua arah antara peserta didik dengan pendidik untuk meyakinkan peserta didik; tahap transinternalisasi nilai, dengan adanya pembiasaan, kegiatan keagamaan dan pembelajaran berbasis proyek (P5). Strategi yang digunakan adalah keteladanan, pembiasaan, monitoring, reward dan punishment. 2) Hasil internalisasi nilai profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter Islami pada peserta didik cukup signifikan, peserta didik terbangun karakter pada dirinya berupa karakter religius, mandiri, peduli lingkungan dan peduli sosial, serta tanggung jawab. 3) Faktor pendukung internalisasi nilai profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter Islami pada peserta didik diantaranya adalah sistem sekolah, terjalinnya kerja sama yang baik antar pendidik, lingkungan sekolah dan sarana prasarana yang memadai, adanya dorongan dari wali dari peserta didik serta komite sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah beragamnya keadaan peserta didik serta kurangnya keseimbangan antara lingkungan sekolah dan rumah.
Downloads
References
Alam, Lukis. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016): 101. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.171.
Faiz, Aiman, dan Imas Kurniawaty. “Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3222–29. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581.
Habibulloh, Anis Mubarok, Rido Kurnianto, dan Nurul Abidin. “Model Penanaman Akhlak Berbasis Budaya Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Di Sdit As-Asyafi’Iyah Kendal Blembem Jambon Ponorogo).” TARBAWI:Journal on Islamic Education 2, no. 01 (2018): 11. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v2i01.245.
Hikmasari, Dyan Nur, Happy Susanto, dan Aldo Redho Syam. “Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara.” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 6, no. 1 (2021): 19–31. https://doi.org/10.24269/ajbe.v6i1.4915.
Jamaludin, Jamaludin, Shofia Nurun Alanur S Alanur S, Sunarto Amus, dan Hasdin Hasdin. “Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 3 (2022): 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553.
Juliani, Asarina Jehan, dan Adolf Bastian. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila,” 2021, 257–65.
Junanto, Subar, Abdul Wahid, dan Retno Wahyuningsih. “Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Tunas Siliwangi 6, no. 2 (2020): 42–47.
Kahfi, Ashabul. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah.” DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam 5 (2) (2022): 138-151.
Kurniastuti, Rahmaniar. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP.” Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) 1 (2022): 287–93.
Lubaba, Meilin Nuril, dan Iqnatia Alfiansyah. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Sains dan Teknologi 9, no. 3 (2022): 2022–2687.
M.A., Amirullah, Syamsul Arifin, dan Muhammad Dwi Fajri. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kuliah Kemuhammadiyahan Berbasis Pemberdayaan Keluarga Dhuafa.” Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman 11, no. 1 (2021): 20–39. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.4365.
Maulida, Kirana Silkia. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PAI SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021.” Skripsi, 2021.
Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, dan Agung Hartoyo. “Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 7840–49. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617.
Mushfi, Muhammad, El Iq, Nurul Fadilah, dan Universitas Nurul Jadid. “PENDAHULUAN Viralnya tindak kekerasan serta merosotnya moral bangsa menimbulkan kerusuhan yang merupakan fenomena sosial . Fenomena sosial tersebut telah menjadi problematika yang lazim dan memerlukan atensi berbagai pihak terutama kalangan relevansi pend.” Jurnal MUDARRISUNA 9, no. 1 (2019): 1–25.
Numertayasa, I Wayan, I Komang Nada, Ni Putu, dan Eni Astuti. “profil pelajar pancasila Development of Strengthening Character Education Syllabus Based on Pancasila Student Profiles” 5, no. 2 (2022): 97–108.
Rosid, Muhammad Al. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan Untuk Menumbuhkan Karakter Islami Di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2020.
Rozi, F. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui Ekstrakurikuler Keagamaan untuk Menumbuhkan Karakter Islami di SMK Negeri 51 Jakarta, 2019. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49044.
Setyaningsih, Eni. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas 3 (Studi di SDN 1 Popongan),” 2022, 138–47.
Sugiharto, Rahmat. “Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan.” Educan : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1299.
Syukroni, Azid. “Strategi Penanaman Pendidikan Adab Di Mi Tahfidz Al-Furqon Ponorogo.” AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education 2, no. 2 (2018): 1–13. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i2.1114.
Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, Desi Sukenti, dan Abd. Rahman bin Abd. Ghani. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 2 (2020): 79–96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Yasinta, Padilla, Husniati Husniati, dan Lalu Hamdian Affandi. “Analisis Upaya Guru dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa di SDN 1 Dopang Tahun Ajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 2b (2022): 680–85. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.599.
Yuliharti, Yuliharti. “Pembentukan Karakter Islami Dalam Hadis Dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 4, no. 2 (2019): 216. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Kamilus Zaman, PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KEMAJEMUKAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2018): SEPTEMBER
- M. Yusuf Agung Subekti Subekti, PENGARUH PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2012): SEPTEMBER
- Imam Khosi'in, Nur Wiarsih, Riza Faishol, Hasan Baharun, Strategies of Islamic Education Teachers Based on Local Wisdom in Enhancing Learning Quality at Madrasah , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Silvya Nur Azizah, Hidayatur Rohmah, Pengembangan Media Q-Joy (Aqidah Enjoy Learning) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nizhamiyah Ploso , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Neliwati Neliwati, Annisa Oktafera, Nur Fauziyah, Anisa Putri, STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER
- Mu'arifatul Waroh, Kustiana Arisanti, Herwati Herwati, PENGUATAN NILAI – NILAI KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER HADRAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Abdul Kholid Achmad, DOSEN SEBAGAI DRIVING FORCE INTERNALISASI NILAI-NILAI AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Aslan Aslan, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS IMTAQ DAN IPTEK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA MATA PELAJARAN SAINS MADRASAH IBTIDAIYAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2020): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.