MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN PELAYANAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP A. WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1811

Authors

  • Ilma Zakiya Universitas Hasyim Asy'ari Jombang, Indonesia
  • Asep Kurniawan Universitas Hasyim Asy'ari Jombang, Indonesia

Keywords:

Hubungan Masyarakat, Pelayanan Informasi dan Komunikasi

Abstract

Manajemen hubungan masyarakat adalah membangun dan menjalin hubungan baik dan harmonis antara lembaga lain di sekoalah dengan masyarakat dan media masa dengan memberikan informasi dan komunikasi melalui tulisan atau media social dengan cara memper erat kepentingan dan kebutuhan masyarakat dalam penyebaran informasi yang akurat. Tujuan awal diadakannya manajemen hubungan masyarakat ini untuk membantu masyarakat agar mengenal lembaga. Dalam hal ini hususnya Lembaga Pendidikan SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. Dengan fokus penelitian, Pertama, Bagaimana Manajemen Hubungan Masyarakat di SMP A. Wahid Hasyim,Tebuireng Jombang. Kedua, Bagaimana Peningkatan Pelayanan Informasi di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng, Jombang. Ketiga, Bagaimana Peningkatan Pelayanan Komunikasi di SMP A. Wahid Hasyimi Tebuireng Jombang. Keempat, Bagaimana Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Peningkatan Pelayanan Informasi dan Komunikasi di SMP A. Wahid Hasyim Tebuireng ,Jombang.  Penelitian menggunakan jenis peneliti studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan : Reduksi data, penyajian data, dan pemberian kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan dalam pelayanan komunikasi hubungan masyarakat yang dilakukan oleh SMP A. Wahid ,Hasyim Tebuireng Jombang adalah membangun dan menjalin hubungan yang baik dan harmonis antara lembaga lain. Pelayanan informasi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat. Pelayanan komunikasi memberikan pelayanan dalam bentuk tulisan secara langsung ataupun dengan cara mengumumkan melalui wali kelas. Dalam proses peningkatan untuk saling memajukan kualitas lembaga dalam peningkatan pelayanan informasi dan komunika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN PELAYANAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP A. WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG. (2024). Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 13-27. https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1811

Similar Articles

1-10 of 29

You may also start an advanced similarity search for this article.